Friday 10 February 2012

PENYAKIT TULANG DAN SENDI

Manusia memiliki tulang dan sendi  dimana fungsi tulang adalah sebagai menunjang kehidupan manusia. Tanpa tulang dan sendi yang sihat, kita akan menghadapi kesulitan/kesakitan/penderitaan untuk melakukan aktiviti harian.  Gangguan/sakit  pada tulang, boleh menyebabkan seseorang terganggu dan tidak dapat menyempurnakan aktivitinya seperti biasa.  ada beberapa jenis gangguan tulang yang sering dihidapi oleh manusia.
A. Kelainan / Gangguan Pada Tulang Belakang / Spinal Cord
1. Kiposis / Kyphosis

Kiposis adalah suatu gangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke depan yang mengakibatkan seseorang itu menjadi bongkok








2. Lordosis
Lordosis adalah suatu gangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke belakang yang mengakibatkan pesakit menjadi bongkok ke belakang.

3. Skoliosis / Scoliosis / Skeliosis
Skoliosis adalah dimana tulang belakang  melengkung ke samping baik kiri atau kanan yang membuat penderita membengkok kekiri atau kekanan.















4. Sublubrikasi
Sublubrikasi adalah kelainan pada tulang belakang pada bahagian leher yang menyebabkan kepala pesakit  berubah arah ke kiri atau ke kanan.






B. Kelainan / Gangguan Pada Sendi Manusia

1. Terkehel / Sprained

Terkehel atau keseleo adalah gangguan sendi akibat gerakan pada sendi samada secara dipaksa atau bergerak secara tiba-tiba. Umumnya terkehel boleh menyebabkan rasa yang sangat sakit dan bengkak pada bahagian yang terlibat.


2. Dislokasi / Dislocation
Dislokasi adalah gangguan pada sendi seseorang di mana terjadi pergeseran dan biasanya tulang akan beralih  dari kedudukan asal.

3. Artritis / Arthritis


Artritis adalah radang sendi pesakit dan perubahan posisi tulang. Salah satu contoh artritis yang terkenal adalah rhumatik.



4. Ankilosis / Ankylosis



Ankilosis adalah gangguan pada sendi dimana sendi-sendi seperti jari jemari kaki dan tangan tidak dapat/boleh digerakkan .





C. Fracture/Patah Tulang
Fracture tulang adalah retak tulang atau patah tulang yang umumnya terjadi akibat impak kuat keatas tulang, samada disebabkan terjatuh, beban berlebihan, tekanan, dll.  Fracture tulang sederhana yaitu keretakan tulang yang tidak melukai organ-organ yang ada di sekelilingnya. Fracture kompleks adalah keretakan tulang yang menyebabkan luka pada organ di sekelilingnya.



D. Kelainan / Gangguan Fisiologik
1. Mikrosefalus / Microcephalus
Mikrosefalus adalah kelainan pertumbuhan terkorak kepala yang menyebabkan kepala pesakit nampak lebih kecil dari normal.

2. Osteoporosis
Osteoporosis adalah keadaan menjadi rapuh dan mudah patah. Umumnya osteoporisis disebabkan oleh hormon yang kurang sempurna atau akibat kekurangan kalsium untuk tulang.
3. Rakitis / Rachitis / Rakhitis
Rakitis adalah penyakit tulang yang terjadi akibat kurang vitamin D sehingga umumnya menyebabkan bentuk tulang kaki bengkok membentuk huruf O atau X.
Dipetik dari: Perpustakaan Online 


No comments:

Post a Comment